Melayani setulus hati, memberikan yang terbaik

Melayani setulus hati, memberikan yang terbaik

7 Agenda Selama Ibadah, Sudah Tau Belum?

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 11 Desember 2020, 03:06:25

Mungkin kebanyakan orang yang mengira bahwa ibadah membutuhkan waktu yang panjang. Karena, biasanya, sebuah perjalanan umrah berdurasi antara 9 hingga 12 hari. Kenyataannya, untuk melaksankan rukun umrah hanya memerlukan waktu sekitar 3-12 jam saja! Wah, jikalau seperti itu, ngapain aja ya aktivitas saat umrah?

Sebenarnya, macam-macam kok kegiatan yang bisa Anda jalani untuk mengisi waktu umrah Anda. Selain menunaikan rukun wajib umrah, Anda juga bisa melakukan kegiatan lain yang tentunya diutamakan didominasi dengan kegiatan ibadah.

smartphone-570507_1280.jpg

Image by bohed from Pixabay

Sayang sekali, jika Anda melewatkan waktu-waktu di tanah haram, dengan melakukan hal-hal yang tidak mendapat pahala. Meskipun di jadwal itinenary dari travel umrah sudah jelas jadwal agenda yang akan kita lakukan, namun tidak ada salahnya Anda membuat sendiri jadwal kegiatan supaya Anda bisa maksimal beribadah di tanah suci. Setidaknya, ada 7 kegiatan yang dapat Anda lakukan selama ibadah umrah.

1) Menunaikan Rukun Umrah

Inti dari perjalanan umrah adalah menunaikan rukun umrah : ihram, tawwaf, sa'i, tahallul serta tertib. Seperti yang telah kami singgung tadi, durasi untuk melaksanakan ibadah umrah adalah 3-12 jam. Sehingga, Anda bisa menjalankan ibadah umrah berkali-kali ketika berada di Baitullah.

Waktu yang Anda habiskan dalam perjalanan pergi dan pulang ibadah umrah sudah cukup menghabiskan keseluruhan waktu umrah Anda. Seperti waktu untuk perjalanan naik pesawat saja tak kurang dari 9 jam, belum lagi perjalanan dari dan ke hotel, perjalanan dari makkah ke madinah kurang lebih 14 jam PP, dll. Jadi, gunakan waktu semaksimal mungkin untuk menjalani rukun umrah.

2) Shalat Fardhu Berjamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Aktivitas lain yang tak kalah penting adalah ibadah sholat 5 waktu. Tentunya, shalat 5 waktu di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi jangan sampai untuk dilewatkan. Karena, pahala shalat di kedua masjid agung tersebut sangat berlimpah.

Beribadah Shalat di Masjidil Haram nilainya 100.000 kali lipat pahalanya jika dibandingkan shalat di tempat lain. Sedangkan beribadah shalat di Masjid Nabawi nilainya 1000 kali lipat dibandingkan shalat di masjid lain kecuali Masjidil Haram.Tentunya, menunaikan shalat lima waktu di Masjidil Haram ini sangat penting, masa iya kita beribadah sunnah namun malah mengesampingkan ibadah wajibnya?

3) Ibadah Sunnah di Masjidil Haram

Selain shalat fardhu di Masjidil Haram, Anda juga bisa melakukan ibadah sunnah di Masjidil Haram seperti shalat rawatib, shalat dhuha, shalat tahajjud, dan shalat sunnah lainnya. Anda juga dapat melaksanakan ibadah lainnya seperti berdiam diri di masjid, membaca shalawat, bersedekah, puasa sunnah, dan seterusnya. Tingkatkan ibadah sunnah Anda selama di tanah suci, agar Anda bisa meraup keuntungan pahala sunnah saat beribadah umrah.

4) Melakukan Ibadah Sunnah di Masjid Nabawi

cami-3724921_1280.jpg

Image by Konevi from Pixabay 

Hampir sama dengan beribadah sunnah di Masjidil Haram, Anda jangan sampai melewatkan kesempatan beribadah di Masjid Nabawi. Terutama di Raudatul Jannah atau Raudhah, Anda boleh beri'tikaf, melaksanakan shalat sunnah, bersalawat, memperbanyak dan berdoa di Masjid Nabawi dan di Raudhah, agar kesempatan meraih pahala maksimal bisa Anda dapatkan.

5) Melaksanakan Shalat Sunnah di Masjid Quba

Ada suatu amalan yang tak boleh dilewatkan begitu saja saat ibadah umrah, yaitu shalat sunnah di masjid Quba. Menurut dari Hadits Nabi Muhammad SAW yang mana diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, ia pernah mendengar bahwa Rasulullah SAW bersabda: ” Barang siapa yang bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia salat di dalamnya, maka baginya akan mendapat pahala seperti pahala Umrah” . (HR. Tirmizi no. 298, Ibnu Majah no. 1401)

Masjid Quba ini letaknya di Madinah. Biasanya, ada jadwal untuk mengunjungi masjid ini saat pagi hari, jadi Anda bisa melaksanakan shalat dhuha di Masjid Quba agar mendapat keutamaannya.

6) Membaca Ayat-ayat Allah dan Memperbanyak Dzikir

Upayakan Anda selalu tetap terjaga dari wudhu dan memegang mushaf Al Qur'an agar Anda bisa membaca Al Quran kapan saja. Apalagi saat menunggu waktu-waktu ibadah shalat, sayang sekali apabila Anda mengisinya dengan aktivitas yang kurang berfaedah.

senantiasa basahi lisan Anda untuk melantunkan ayat-ayat suci Al Qur'an dan berdzikir, sehingga Anda menjadi lebih tenang dan khusyu dalam beribadah. Melupakan sejenak urusan-urusan duniawi yang Anda kerjakan di luar waktu umrah.

7) Berdoa di Tempat-tempat Mustajab

Nah, ini dia kegiatan favorit yang biasanya selalu direncanakan oleh jamaah umrah. Ya, memanjatkan doa di tanah suci merupakan kesempatan yang tidak ternilai harganya, karena Anda sedang berkunjung di Baitullah. Maka, berdoa sebaik-baiknya, semaksimal mungkin sesuai dengan harapan kita. Biasanya, kita juga mendapat titipan doa dari keluarga, sahabat, dan rekan kita. 

Maka, berdoalah, daripada sibuk berfoto selfie, shopping, wisata kuliner, sebaiknya Anda agendakan khusus untuk berdoa dan siapkan catatan doa dari rumah supaya tidak ada yang terlupa.

Itulah kegiatan yang dapat menambah bobot pahala umrah kita. Umrah merupakan ibadah yang memerlukan pengorbanan yang tidak sedikit baik dari segi materi maupun dari sisi fisik. Oleh karena itu, kita tidak lengah, dengan mengisi kegiatan di waktu umrah kita sebaik-baiknya. Jangan terlena dengan tergoda berbelanja dan menjajal kuliner khas timur tengah saja, ya!

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id